Download file Disini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 1. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendengarkan sandiwara
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menyebutkan dan menuliskan tema/topik sandiwara yang didengar
2. Menyebutkan dan menuliskan perwatakan tokoh dalam sandiwara yang didengar
3. Menjawab pertanyaan tentang isi sandiwara yang didengar
4. Menceritakan kembali isi sandiwara dengan bahasa sendiri.
Karakter siswa yang diharapkan :
Tanggung jawab
Kesabaran
Ketelitian
Mencintai Kebudayaan nasional
B. Materi Pembelajaran
Semaken teks sandiwara sing diwaca kanca-kancamu ! Gawea cathetan saperlune.
DAMARWULAN
Adegan 1
( Ing pendhapa padhepokan, Begawan Tunggul Manik lenggah kaadhep dening Damarwulan )
Begawan Tunggul Manik : “ Damarwulan, ana sawijining perkara sing arep dakngendikakake marang sliramu. Wis suwe sliramu manggon ing padhepokan kene, mula wis wektune sliramu lunga .”
Damarwulan : “ Kersanipun Eyang kadospundi ? “
Begawan Tunggul Manik : “ Wektu iki kutha praja lagi nandang kesusahan, mula lungaa menyang kutha saperlu aweh pambiyantu ! “
Damarwulan : “ Nanging Eyang…”
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
Adegan 2
( Ing kepatihan, Layang Seta lan Layang Kumitir lagi padha ulah kanuragan. Damarwulan teka lan nyedhaki kekarone. )
Damarwulan : “ Raden, menapa leres ngriki Kepatihan Praja Majapahit ?”
Layang Seta : “ Kowe sapa, arep ngapa takon-takon Kepatihan ?”
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan cerita berbahasa Jawa yang pernah diketahui oleh siswa
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa dibentuk menjadi 5 kelompok :
2) Siswa yang telah berkelompok menerima penjelasan dari guru tentang tugas yang harus dikerjakan
3) Siswa secara bergiliran membaca sandiwara “Damarwulan”, siswa yang lain mendengarkan dan mencatat hal-hal penting dalam sandiwara yang dibacakan.
Elaborasi
1) Setiap kelompok mendiskusikan jawaban pertanyaan yang diberikan guru tentang topik/tema , tokoh dan wataknya, serta pertanyaan lain yang berhubungan dengan isi sandiwara yang telah selesai dibacakan.
2) Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi oleh kelompok lain
Konfirmasi
1) Guru menjelaskan tentang hasil diskusi siswa yang telah dipresentasikan
2) Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang hal-hal yang kurang dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Memberikan tugas rumah untuk menulis ringkasan sandiwara yang telah didengar
4) Berdoa pada akhir pelajaran.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1) Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2) Sastra Nusantara dalam Drama Anak-anak
3) Buku lain yang relevan
4) Naskah sandiwara
5) Lembar pertanyaan untuk diskusi
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1. Mampu menyebutkan dan menulis topik/tema sandiwara yang didengar
2. Mampu menyebutkan parwatakan tokoh dalam sandiwara yang didengar
3. Mampu menjawab pertanyaan tentang isi sandiwara yang didengar
4. Menceritakan kembali sandiwara yang didengar dengan bahasa sendiri
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tugas rumah Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Uraian Tulisna topik/tema sandiwara Damarwulan sing wis kokrungokake!
Sapa bae paraga sing ana ing sandiwara Damarwulan lan terangna watak wantune!
Sandiwara Damarwulan dumadi saka pirang babak?
Caritakna isine sandiwara Damarwulan saben babak!
Caritakna sacara ringkes isine sandiwara Damarwulan nganggo basamu dhewe !
Kunci jawaban :
1. Topik/tema sandiwara Damarwulan yaiku ngenani katresnan lan bela negara
2. Para paraga sing ana ing sandiwara Damarwulan yaiku :
a. Damarwulan, watak : jujur, sekti mandraguna, ditresnani para wanita, lila labuh negara.
b. Ratu Kencanawungu, watak : gedhe panguwasane, ngugemi sabda pandhita ratu (sing wis dingendikake mesthi bakal ditindakake), percaya marang abdine, lan tansah ngupaya ngayomi negara lan kawulane.
c. Patih Logender, watak : adigang adigung adiguna, kagungan putra 3, watak culika.
d. Layang Seta lan Layang Kumitir, watak : culika, kumalungkung, adigang adigung adiguna.
e. Anjasmara, watak : nresnani Damarwulan, prasaja, welas
f. Menakjingga, watak: adigang adigung adiguna, srakah, garwane akeh.
g. Waita lan Puyengan, watak: kepengin ucul saka panguwasane Menakjingga, pinter, welas asih.
h. Begawan Tunggulmanik lan Dewi Nawangsasi, watak: tresna asih marang Damarwulan, setya marang bangsa lan negara
3. Sandiwara Damarwulan dumadi saka 11 babak (adegan)
4. Isine sandiwara Damarwulan saben babak yaiku :
a. Babak 1 :
Begawan Tunggulmanik lan Dewi Nawangsasi dhawuh marang Damarwulan supaya sowan pamane sing manggon ing kutha praja saperlu aweh pambiyantu marang negara sing lagi nandang ribet.
b. Babak 2 :
Damarwulan teka ing daleme pamane (Patih Logender) lan oleh manggon ing kono sanajan panangkepe putrane Patih Logender sing asmane Layang Seta lan Layang Kumitir ora apik. Sing apik panangkepe yaiku Anjasmara (putrine Patih Logender).
c. Babak 3 :
Damarwulan lan Anjasmara padha andon katresnan lan arep nyuwun pangestu marang Patih Logender.
d. Babak 4 :
Ratu Kencanawungu nimbali Patih Logender lan ngendika yen sing bisa ngrampungi Minakjingga yaiku Damarwulan.
e. Babak 5 :
Damarwulan pamitan marang Anjasmara saperlu ngayahi dhawuhe Ratu Kencanawungu supaya ngalahake Minakjingga ing Blambangan. Layang Seta lan Layang Kumitir ngetutake kanthi sesidheman.
f. Babak 6 :
Damarwulan perang tandhing karo Minakjingga nanging kasoran (kalah) lan ditulungi Dewi Waita lan Puyengan.
g. Babak 7 :
Waita lan Puyengan nulungi Damarwulan kanthi cara njupukake gada wesikuning lan njaluk sarat supaya yen Damarwulan kasil mateni Minakjingga, kekarone njaluk dipek garwa lan disaguhi Damarwulan.
h. Babak 8 :
Damarwulan kasil mateni Minakjingga lan arep nyowanake mustakane Minakjingga marang Ratu Kencanawungu.
i. Babak 9 :
Buntelan sing digawa Damarwulan sing isine mustakane Minankjingga direbut dening Layang Seta lan Layang Kimitir, dene Damarwulan dibuwang ing jurang.
j. Babak 10 :
Layang Seta lan Layang Kumitir laporan marang ramane yen kasil merjaya Minakjingga banjur njaluk disowanake Ratu Kencanawungu.
i. Babak 11 :
Layang Seta lan Layang Kumitir ngaku marang Ratu Kencanawungu yen kasil merjaya Minakjingga nanging kasusul tekane Damarwulan sing dikantheni Waita Puyengan sing nyaritakake kedadean sabenere. Purnaning lelakon, Damarwulan bisa nggarwa Ratu Kencanawungu, Anjasmara, Waita lan Puyengan lan kasil dadi raja ing Majapait.
5. Gumantung siswa
Rublik penilaian diskusi
No Nama Siswa Keaktifan Kemampuan bekerjasama Menghargai pendapat orang lain
1
2
3
Rublik penilaian membuat ringkasan cerita
No Nama Siswa Diksi Tata tulis Komunikatif
1
2
3
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP/MTs ........
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa sesuai unggah-ungguh
Kompetensi Dasar : 2.1. Berdialog dengan warga masyarakat
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menerapkan unggah-ungguh basa secara benar dalam berdialog.
2. Memeragakan dialog sesuai skenario.
3. Menceritakan kembali isi dialog menggunakan bahasa sendiri.
Karakter siswa yang diharapkan :
Saling menghormati
Saling menghargai
Tanggung jawab
Berbicara santun
B. Materi Pembelajaran
AJAR NEMBANG
Widada didhawuhi gurune nembang Macapat, dheweke tau krungu yen pinuju bapak lan ibune padha nembang, mula atine ora tidha-tidha nyuwun supaya ibune paring tuladha tembang Macapat. Widada nyedhaki ibune sing lagi pinarak ing ruang tengah.
Widada : “Bu, menapa ibu longgar lan boten badhe tindakan ?”
Ibu : “Kadingaren, apa ana sing arep kok suwunake priksa marang ibu ?”
Widada : “Inggih Bu, pancen leres ngendikanipun ibu, kula dipundhawuhi pak guru gladhen sekar Macapat, kula nyuwun ibu paring tuladha.”
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Sawise kancamu maju maragakake pacelathon ing dhuwur, gawea skenario pacelathon karo kancamu (bisa luwih saka 2) nganggo durasi wektu ± 10 menit kanthi milih tema ing ngisor iki :
1. Ngaturake layang ulem (undangan) marang Pak RT
2. Tekamu ing sekolah telat
3. Ngampil buku marang gurumu
4. Diutus Pak Guru
5. Pamitan arep mangkat sekolah
Yen wis rampung anggone gawe skenario, paragakna pacelathon mau kanthi nggatekake unggah-ungguh sing trep manut skenario sing wis kokgawe !
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Bermain peran
5. Penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan penggunaan unggah-ungguh basa dalam berdialog
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa dibentuk menjadi 5 kelompok :
2) Masing-masing kelompok menerima teks dialog untuk bermain peran
3) Setiap kelompok berbagi tugas untuk memerankan tokoh sesuai teks yang diterimanya.
Elaborasi
1) Guru membagi kartu penilaian kepada masing-masing kelompok.
2) Setiap kelompok memainkan peran sesuai naskah yang diterimanya. Setelah itu perwakilan kelompok menceritakan kembali isi dialog yang telah diperankan dengan bahasa sendiri. Kelompok lain memberikan penilaian dalam kartu penilaian yang diterima oleh masing-masing kelompok.
Konfirmasi
1) Setiap kelompok memberikan tanggapan terhadap penampilan kelompok lain sesuai dengan kartu penilaian yang telah ditulisnya.
2) Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang hal-hal yang kurang dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Memberikan tugas rumah untuk membuat skenario dialog sesuai tema yang ditentukan guru
4) Berdoa pada akhir pelajaran.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2. Ensiklopedia Kebudayaan Jawa, Dr. Purwadi M.Hum, Yogyakarta: Bina Media. 2005.
3. Buku lain yang relevan
4. Naskah dialog
5. Kartu/lembar penilaian
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1. Mampu menerapkan unggah-ungguh basa secara benar dalam berdialog
2. Mampu memeragakan skenario dengan baik dan benar
3. Menceritakan kembali isi dialog dengan bahasa sendiri
4. Membuat skenario dialog dengan tema tertentu
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes lisan
Penugasan Bermain peran
Bermain peran
Uraian
Tugas rumah Paragakna naskah dialog iki kanthi nggatekake unggah-ungguh basa sing bener !
Caritakna isine dialog sing wis kokparagakake nganggo basamu dhewe !
Gawea skenario dialog kanthi tema “Pamitan arep mangkat sekolah”
Kunci jawaban : tergantung siswa
Rublik penilaian Bermain peran
No Nama Siswa Unggah-ungguh basa Ekspresi Penampilan
1
2
3
Rublik penilaian membuat skenario
No Nama Siswa Diksi Tata tulis Komunikatif
1
2
3
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP/MTs ........
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa sesuai unggah-ungguh
Kompetensi Dasar : 2.2. Bercerita tentang adat istiadat
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjawab pertanyaan tentang upacara adat Jawa menggunakan bahasa krama alus.
2. Menceritakan kembali salah satu uapacara adat yang dibacanya dengan bahasa sendiri.
Karakter siswa yang diharapkan :
Mencintai kebudayaan daerah
Tanggung jawab
Berbicara santun
B. Materi Pembelajaran
UPACARA TINGKEBAN
Kathah ritual utawi pengetan ingkang dipuntindakaken tiyang Jawi wiwit kuna makuna. Sedaya menika nggambaraken agenging kapitadosanipun tiyang Jawi dhumateng Gusti Ingkang Akarya Jagad. Saengga menapa kemawon nugraha ingkang dipuntampi dipuntengeri mawi upacara ingkang mengku pandonga saha panuwun dhumateng Gusti Ingkang Maha Mirah.
Acara tingkeban utawi kawastanan mitoni inggih menika satunggaling upacara ingkang dipuntindakaken tiyang Jawi kangge mengeti jabang bayi umur 7 wulan wonten kandhutanipun ibu. Miturut para winasis, tembung mitoni asalipun saking tembung pitu, saged dipuntegesi pitutur, pituduh tumuju kasaenan lan kaluhuran. Wondene sacara medis, jabang bayi ngancik umur 7 wulan sampun nggadhahi wewujudan minangka manungsa kanthi wetah, pramila lajeng dipunpengeti kanthi ngawontenaken syukuran. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan upacara adat yang diketahui siswa
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa membaca dalam hati teks bacaan upaca tingkeban
2) Siswa bertanya jawab dan menerima penjelasan guru tentang kata-kata sukar yang belum dipahami siswa.
3) Siswa menerima daftar pertanyaan tentang upacara tingkeban yang harus dijawab secara lisan dengan bahasa krama alus.
Elaborasi
1) Siswa menulis jawaban pertanyaan tentang upaca tingkeban
2) Siswa secara bergiliran menjawab pertanyaan secara lisan sedangkan siswa yang lain menanggapi secara kritis jawaban temannya.
3) Siswa berlatih menceritakan kembali upacara tingkeban dengan bahasa sendiri
Konfirmasi
1) Siswa secara bergilir memberikan tanggapan terhadap penampilan siswa lain dalam menceritakan kembali upacara tingkeban dengan bahasa sendiri
2) Guru menanggapi penampilan siswa dalam menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali upacara tingkeban.
3) Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang hal-hal yang kurang dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Memberikan tugas rumah untuk menyebutkan upacara adat Jawa selain tingkeban
4) Berdoa pada akhir pelajaran.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2. Majalah RONCE edisi 5 tahun 2005
3. Buku lain yang relevan
4. Daftar pertanyaan
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1.Mampu menjawab pertanyaan tentang upacara tingkeban dengan bahasa krama alus
2. Mampu Menceritakan kembali upacara adat tingkeban dengan bahasa sendiri Tes lisan
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Uraian 1) Apa ancas tujuane wong Jawa nganakake upacara adat ?
2) Sebutna urut-urutane upacara tingkeban sing tembe kokwaca !
3) Sebutna piranti utawa ubarampe sing ana ing upacara tingkeban !
4) Sebutna upacara adat Jawa saliyane upacara tingkeban (sethithike 5) !
5) Caritakna maneh sacara ringkes upacara tingkeban nganggo basamu dhewe !
Kunci jawaban :
1. Ancas tujuanipun tiyang Jawi ngawontenaken upacara adat inggih menika kangge nedahaken agenging kapitadosan tiyang Jawi dhumateng Gusti Ingkang Akarya Jagad ingkang mengku pandonga lan panuwun dhumateng Gusti Ingkang Maha Mirah.
2. Urut-urutanipun upacara tingkeban inggih menika :
a. Sungkeman calon bapak lan ibunipun jabang bayi dhumateng tiyang sepuh kekalih.
b. Siraman
c. Mecah tigan
d. Upacara patut-patut
e. Procotan cengkir ginambar Kamajaya Kamaratih
f. Sukuran ngires tumpeng kalih
g. Sadean rujak lan dhawet
3. Ubarampe utawi piranti ing upacara tingkeban inggih menika sekar mlathi, tigan, kain pethak, genthong, busana pitung warni, cengkir ingkang ginambar Kamajaya lan Kamaratih, tumpeng cacahipun kalih, rujak lan dhawet.
4. Tuladha upacara adat Jawi inggih menika ngupati, tedhak siten, brokohan, siraman, midodareni, baritan, lan sapanunggalanipun.
5. Gumantung siswa
Rublik penilaian menjawab pertanyaan
No Nama Siswa Diksi Kebenaran jawaban Kelancaran
1
2
3
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP/MTs ........
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar : 3.1. Membaca nyaring cerita wayang Ramayana
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Membaca nyaring cerita wayang Ramayana dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
2. Menjawab pertanyaan isi bacaan
3. Menceritakan kembali cerita wayang Ramayana dengan bahasa sendiri
Karakter siswa yang diharapkan :
Tanggung jawab
Percaya pada diri sendiri
Santun dalam berbicara
Melestarikan kebudayaan
B. Materi Pembelajaran
Wacanen nyaring kanthi lafal, intonasi, lan lagu sing jumbuh karo swasana lan wateke
paragane !
ANOMAN DUTA
Wancine wis parak esuk, ing wetan katon cahyane Sang Hyang Diwangkara abang sumirat ungup-ungup ing pucuking arga. Anoman puteg pikire awit durung ketemu kang den upadi. Nuli mulat ana wewangunan gedhong kang asrine ngleluwihi, miwah petamanan kang endahe kepati-pati. Anoman mlumpat ing wit nagasari, nalika nyawang mengisor, ing kono katon wanodya ayu kang sarirane kuru aking, ngalosot ing lemah. Gelungane lukar nora dirawati, gimbal campur kisma.. Lamat-lamat kapiyarsa pisambating karuna kang banget ngeres-eresi ati. ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Tanya jawab
3. Penugasan
4. Drill (latihan)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan cerita wayang Ramayana.
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa menerima teks bacaan cerita wayang Anoman Duta
2) Guru menugaskan salah satu siswa untuk membaca nyaring cerita wayang Anoman Duta.
3) Siswa dan guru menganalisa kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa dalam membaca nyaring kemudian siswa menerima penjelasan dari guru tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca nyaring.
4) Siswa memperhatikan demonstrasi guru dalam membaca nyaring cerita wayang Anoman Duta.
Elaborasi
1) Siswa secara bergiliran maju untuk membaca nyaring cerita wayang Anoman Duta.
2) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi cerita wayang Anoman Duta
Konfirmasi
1) Siswa bersama guru menyimpulkan cara membaca nyaring yang baik dan benar
2) Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang hal-hal yang kurang dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Guru memberi tugas kepada siswa untuk menceritakan kembali cerita wayang Anoman Duta secara tertulis dengan bahasa sendiri.
4) Berdoa pada akhir pelajaran.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2. Majalah Panyebar Semangat
3. Buku lain yang relevan
4. Teks bacaan Anoman Duta
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1. Mampu membaca cerita wayang Anoman Duta dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
2. Mampu menjawab pertanyaan ttg isi cerita wayang Anoman Duta
3. Mampu menceritakan kembali isi cerita wayang Anoman Duta dengan bahasa sendiri Tes unjuk kerja
Tes lisan
Tugas rumah uraian
Daftar pertanyaan
Uraian
1. Wacanen nyaring teks Anoman Duta kanthi lafal, intonasi, lan lagu kang jumbuh karo swasana lan wewatekane paragane !
2. Sapa sing diutus Ramawijaya ngupadi Dewi Sinta menyang Alengkadiraja ?
3. Ing ngendi Dewi Sinta disingidake dening Rahwana?
4. Sapa asmane putri sing tansah setya ngancani Dewi Sinta ?
5. Caritakna sacara ringkes carita wayang Anoman Duta nganggo basamu dhewe !
Kunci jawaban :
1. Gumantung siswa
2. Anoman
3. Taman Argasoka
4. Dewi Trijatha
5. Gumantung siswa
Rublik penilaian membaca
No Nama Siswa Lafal Intonasi Ekspresi
1
2
Rublik penilaian tugas menceritakan kembali
No Nama Siswa Diksi Kohesi Koherensi
1
2
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP ........
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar : 3.2. Membaca indah tembang Dhandhanggula
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (4 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Membaca indah titilaras tembang Dhandhanggula dengan benar.
2. Membaca indah cakepan tembang Dhandhanggula dengan benar.
3. Membaca indah tembang Dhandhanggula sesuai titilaras.
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin
Tekun
Percaya pada diri sendiri
Melestarikan kebudayaan
B. Materi Pembelajaran
Tembang Dhandhanggula iki wacanen jumbuh karo titilarase !
paragane !
DHANDHANGGULA MAS KENTAR
Laras Pelog Pathet Nem
• • • • •
3 3 5 6 6 1 2 2 2 2
Won ten ma lih tu la dhan pra yo gi
• • • • • • • •
1 1 21 6 5 6 1 1 1 1
Sa tri ya gung na ga ri Nga leng ka
• • • • • • • •
1 2 2 2 3 1 21 65
Sang Kum ba kar na na ma ne
• • • • • •
1 2 2 3 12 56 6
Tur i ku war na di yu
6 5 65 32 2 3 1 21 6
•..
....................................................................................................
....................................................................................................
....................................................................................................
....................................................................................................
...................................................................................................
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Tanya jawab
3. Penugasan
4. Drill (latihan)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengadakan pre tes dengan menunjuk salah satu siswa menyanyikan baris pertama tembang Dhandhanggula.
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa menerima teks tembang Dhandhanggula secara lengkap (titilaras dan cakepan) dan memperhatikan penjelasan guru tentang paugeran tembang Dhandhanggula.
2) Siswa memperhatikan demonstrasi guru dalam menyanyikan tembang Dhandhanggula.
Elaborasi
1) Siswa secara bersama-sama dibimbing guru menyanyikan titilaras (notasi) tembang Dhandhangula larik demi larik.
2) Siswa dibimbing guru membaca cakepan (sair) tembang Dhandhanggula.
3) Siswa secara bersama-sama berlatih menyanyikan cakepan tembang Dhandhanggula sesuai titilaras.
Konfirmasi
1) siswa bersama guru melakukan refleksi menyanyikan tembang Dhandhanggula sesuai titilaras
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Guru menginformasikan kegiatan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan II
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Memberi apersepsi tentang tembang Dhandhanggula yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Guru kembali mendemonstrasikan menyanyikan tembang Dhandhanggula sesuai titilaras untuk mengingatkan kembali materi pada pertemuan sebelumnya.
2) Siswa secara bersama-sama menyanyikan tembang Dhandhanggula sesuai titilaras.
3) Siswa menerima penjelasan guru tentang tugas perorangan menyanyikan tembang Dhandhanggula dan kriteria penilaiannya.
Elaborasi
1) Siswa secara bergilir maju untuk menyanyikan tembang Dhandhanggula sesuai titilaras.
2) Guru dan siswa yang lain menilai penampilan temannya sesuai kriteria penilaian yang telah ditentukan.
Konfirmasi
1) Siswa melakukan refleksi tentang nembang Dhandhanggula sesuai titilaras.
2) Siswa bersama-sama menyanyikan tembang Dhandhanggula sesuai titilaras.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Guru menginformasikan kegiatan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2. Serat Tripama
3. Buku lain yang relevan
4. Teks tembang Dhandhanggula
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1. Mampu membaca indah titilaras tembang Dhandhanggula dengan benar
2. Mampu membaca indah cakepan (sair) tembang Dhandhanggula dengan benar
3. Mampu membaca indah tembang Dhandhanggula sesuai titilaras Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja uraian
Uraian
Uraian
1. Tembangna titilaras tembang Dhandhanggula kanthi bener !
2. Tembangna cakepan tembang Dhandhanggula kanthi bener !
3. Tembang Dhandhanggula iki tembangna jumbuh karo titilarase !
Kunci jawaban :
1. Gumantung siswa
2. Gumantung siswa
3. Gumantung siswa
Rublik penilaian membaca
No Nama Siswa Cengkok suara penampilan
1
2
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP/MTs
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar : 3.3. Membaca paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Membaca kalimat berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa
2. Membaca paragraf berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa .
Karakter siswa yang diharapkan :
Ketelitian
Kesabaran
Tanggung jawab
Percaya pada diri sendiri
B. Materi Pembelajaran
Membaca paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa.
Wacanen kang premati ukara-ukara kang ngandhut angka ing ngisor iki !
;1; ? I[nDo[nsiyhm/fiktaun\;1945;.
;2; ?t=gpW/skpi=;75;.
;3; ?fink/tinit=gl\;21;Ap]il\,
Wacanen paragraf tulisan Jawa kang ngandhut angka Jawa ing ngisor iki kanthi premati !
...........................................................................................................................................
?kejwiski=menik,a=[gnÑ|lkinÒ|nSetMenikfipunHutu[sFni=aibuzturirwuhbulikSekliynHi=finTenMi=gut=gl\ ;15;[mai;2011;k=[g[mzeti;1000;finTenNipu[nSfnipunSimBhs/mini.kulw/gai=peml=tnShznÒ|anÒ|rwuhaipunB|likSekliyn\,
C. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Penugasan
3. Drill (latihan)
4. Ceramah
D. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan penggunaan angka Jawa yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat.
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa mencermati kalimat berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa
2) Siswa menunjukkan angka Jawa yang terdapat dalam bacaan kepada teman sebangkunya.
3) Siswa menerima penjelasan dari guru tentang angka Jawa yang terdapat dalam kalimat dan yang belum ada dalam kalimat
4) Siswa berlatih membaca angka Jawa secara terpisah.
Elaborasi
1) Guru menyiapkan kartu angka Jawa
2) Siswa secara bergiliran maju untuk mengurutkan angka Jawa yang telah disiapkan guru
3) Siswa berlatih membaca paragraf berhuruf Jawa secara bergiliran, sedangkan guru dan siswa yang lain menilai hasil pembacaan temannya.
Konfirmasi
1) Siswa bersama guru menyimpulkan cara membaca angka Jawa yang benar dalam paragraf dengan tanda baca yang benar.
2) Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang hal-hal yang kurang dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Memberikan tugas rumah untuk melatinkan paragraf berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
4) Berdoa pada akhir pelajaran.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2. Buku lain yang relevan
3. Kartu angka Jawa
4. Teks bacaan berhuruf Jawa
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1. Mampu membaca angka Jawa secara terpisah
2. Mampu urutkan angka Jawa yg terpisah
3. Mampu membaca kalimat berhuruf Jawa yg mengandung angka Jawa dg benar
4. Mampu membaca paragraf berhuruf Jawa yg mengandung angka Jawa dg benar.
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes lisan
Penugasan uraian
Uraian
Uraian
Tugas rumah Wacanen angka 1 tekan 10 kanthi bener !
Urutna angka Jawa wiwit sing enom urut nganti sing tua dhewe nganggo kartu angka sing wis kasiapake!
Wacanen ukara iki nganggo premati !
wacanen paragraf iki kanthi premati !
Kunci jawaban : tergantung siswa
Rublik penilaian membaca
No Nama Siswa Kebenaran Kelancaran
1
2
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP ........
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar : 4.1. Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atau cerita rakyat.
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menyebutkan ciri-ciri geguritan.
2. Menjelaskan aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis geguritan
3. Mengembangkan kerangka topik menjadi teks geguritan
4. Mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik
Karakter siswa yang diharapkan :
Ketelitian
Kesabaran
Keberanian menulis ide dan pendapat
B. Materi Pembelajaran
Wacanen geguritan iki !
RA MOKAL
ra mokal yen bocah-bocah takon aku
pak angka jawa nggo ngetung apa
apa bisa ndak nggo bakulan ula
apa bisa ndak nggo tamba lara
lha yen pasar wis nganggo kalkulator
pak dokter wis sarwa komputer
ditutul thet, dadi mesin jet
diuntir thir, dadine nuklir
.............................................
....................................................
...........................................................
Bab sing kudu digatekake nalika nulis geguritan yaiku :
1. Tema (undering gagasan )
Sadurunge nulis geguritan luwih dhisik kudu nemtokake tema utawa gagasan sing tuwuh ing pikiran utawa atine panganggit mujudake dhasar panulise geguritan.
Maneka warna bab bisa didadekake tema, upamane: ketuhanan, kemanusiaan, nasionalisme, lsp.
2. Diksi ( pilihan tembung )
Tembung-tembung sing dipilih nalika nulis geguritan kudu bisa kanggo medharake gagasan kanthi trep, bisa uga tembung mau ngemu makna kias utawa simbol-simbol.
3. ...............................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Penugasan
3. Drill (latihan)
4. Ceramah
D. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan karya sastra Jawa
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa membaca dalam hati contoh geguritan yang disediakan guru
2) Siswa menerima penjelasan dari guru tentang ciri-ciri geguritan dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis geguritan.
3) Siswa menerima gambar-gambar yang disusun secara acak dengan topik tertentu
Elaborasi
1) Siswa dengan seksama menyusun gambar menjadi urutan logis
2) Siswa berlatih menuliskan geguritan berdasarkan gambar yang telah diurutkan.
3) Siswa mengedit hasil tulisannya dengan seksama
Konfirmasi
1) Siswa mengkonsultasikan hasil tulisannya kepada guru.
2) Guru memberikan pandangan umum tentang geguritan yang telah ditulis siswa.
c. Kegiatan Penutup
5) Guru memberikan refiew tentang tatacara penulisan geguritan.
6) Guru melakukan penilaian menyampaikan rencana kegiatan berikutnya.
7) Berdoa pada akhir pelajaran.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1) Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2) Buku lain yang relevan
3) Teks geguritan
4) Gambar-gambar acak
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1. Mampu menyebutkan ciri-ciri geguritan
2. Mampu menjelaskan aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menulis geguritan
3. Mampu mengembangkan kerangka topik menjadi geguritan
4. Mampu mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik
Tes lisan
Tes lisan
Tes tertulis
Tes tertulis uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Sebutna titikane geguritan!
Sebutna lan terangna aspek kang kudu digatekake sadurunge nulis geguritan !
Urutna gambar-gambar sing wis cumepak supaya runtut banjur tulisen supaya dadi geguritan !
Geguritan sing wis koktulis, tlitinen kanthi premati supaya dadi becik !
Kunci jawaban :
1. Titikane geguritan yaiku ora kaiket ing aturan-aturan tertemtu kaya pantun utawa puisi lama, cacahing pada (bait) bebas, lan cacahing baris (larik) uga bebas.
2. Aspek kang kudu digatekake yen nulis geguritan yaiku :
a. Tema (topik)
b. diksi
c. imajeri
d. purwakanthi
e. tipografi
f. amanat
3. Gumantung siswa
4. Gumantung siswa
Rublik penilaian menulis
No Nama Siswa Diksi Isi Komunikatif
1
2
3
4
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP ........
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : IX / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar : 4.2. Menulis paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 jampel)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menulis angka Jawa secara terpisah.
2. Mengurutkan angka Jawa yang diacak.
3. Menulis kalimat berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa dengan tanda baca yang benar.
4. Menulis paragraf berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa dengan tanda baca yang benar.
Karakter siswa yang diharapkan :
Ketelitian
Kesabaran
Tanggung jawab
Percaya pada diri sendiri
B. Materi Pembelajaran
Menulis paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa.
Wacanen kang premati pethikan wacan iki banjur tuduhna endi sing nuduhake angka Jawa !
?du[gD/rn\,
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
arkHrknFipunWiwitiski=zje=zipunMejifKaumn\peke[nJoa/,z[nTosF|mugimejifHgu=jwitezh,lje=fipun>[sMkke[nFni=wli[kotsemr=.acrnipunR[mszet\kqhbkulHi=k=s[fynWe/niwe/nik[fosT;1;bkulG`bh, ;2;bkulTetedn\ ;3;bku[lFolnn\ ;4;bkulSnDzn\lnSpnu=glnNipun\,
C. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Penugasan
3. Drill (latihan)
4. Ceramah
D. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
2) Berdoa sebelum membuka pelajaran
3) Mengecek kehadiran siswa
4) Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
5) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan penggunaan unggah-ungguh basa dalam berdialog
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
7) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa mencermati bacaan berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa
2) Siswa menunjukkan angka Jawa yang terdapat dalam bacaan kepada teman sebangkunya.
3) Siswa menerima penjelasan dari guru tentang angka Jawa yang terdapat dalam bacaan dan yang belum ada dalam bacaan
4) Siswa berlatih menulis angka Jawa secara terpisah.
Elaborasi
1) Guru menyiapkan kartu angka Jawa
2) Siswa secara bergiliran maju untuk mengurutkan angka Jawa yang telah disiapkan guru
3) Siswa berlatih menulis kalimat berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa menggunakan tanda baca secara benar kemudian bergiliran maju untuk menulis di papan tulis. Siswa yang lain mengkritisi hasil tulisan temannya.
Konfirmasi
1) Siswa bersama guru menyimpulkan penulisan angka Jawa yang benar dengan tanda baca yang benar.
2) Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang hal-hal yang kurang dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2) Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Memberikan tugas rumah untuk menulis paragraf berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
4) Berdoa pada akhir pelajaran.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1) Buku Pandhu Basa Kelas IX, MGMP Bahasa Jawa Kab. Pemalang, Kudus: DK. 2010.
2) Buku lain yang relevan
3) Kartu angka Jawa
4) Teks bacaan berhuruf Jawa
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1. Mampu menulis angka Jawa secara terpisah
2. Mampu mengurutkan angka Jawa yang terpisah
3. Mampu menulis kalimat berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa dengan tanda baca yang benar
4. Mampu menulis paragraf berhuruf Jawa yang mengandung angka Jawa dengan tanda baca yang benar.
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Penugasan uraian
Uraian
Uraian
Tugas rumah Tulisen Jawa angka 1 tekan 10 kanthi bener !
Urutna angka Jawa wiwit sing enom urut nganti sing tua dhewe nganggo kartu angka sing wis kasiapake!
Tulisen Jawa ukara iki nganggo tandha wacan sing trep !
Tulisen Jawa paragraf iki nganggo tandha wacan sing trep !
Kunci jawaban : tergantung siswa
Rublik penilaian menulis
No Nama Siswa Ketepatan penulisan Penggunaan tanda baca
1
2
3
Pemalang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP/MTs ........
.............................................. ...............................................
NIP. NIP.
YAYASAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR
DAN MENENGAH PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(YPLP DM PGRI JT)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
PGRI I ULUJAMI
Terakreditasi Tahun 2009 Klasifikasi : B
Jl. Desa Ambowetan Kec. Ulujami Kab. Pemalang 52371 Telp. (0285) 577007
=========================================================
Peta SMP PGRI 1 Ulujami
View SMP PGRI 1 Ulujami in a larger map
Kamis, 15 September 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar